Featured Post

Friday, 19 April 2013

Batak Pesisir Natal (English Version)

BATAK PESISIR NATAL PEOPLE
By: Wendy Hutahaean


Batak Pesisir Natal people was a Batak ethnic who live in the west coast of Kabupaten Mandailing Natal. Their culture has a lot of similarities to Batak Pesisir Sibolga which is the combination of Batak, Melayu and Minangkabau culture. It happens because the location where the people live was a busy port for international trade and occupied by people from multicultural backgrouds. Eventhough most people who live there was from Batak Mandailing, they used a new culture called Batak Pesisir Natal hundred years ago.

Traditional Clothes of Batak Pesisir Natal

A. The Land



Pembentukan Kabupaten Pantai Barat Mandailing yang meliputi beberapa kecamatan, yaitu:
1. Kecamatan Natal
2. Kecamatan Batahan
3. Kecamatan Muara Batang Gadis
4. Kecamatan Lingga Bayu
5. Kecamatan Sinunukan
6. Kecamatan Ranto Baek

Setelah sekian lama terjadi pembauran dari ketiga suku Batak ini, maka datanglah imigran lain yang berasal dari Minangkabau dan Melayu dari pesisir Timur Sumatra, lalu terjadi perkawinan-campur di antara ke 5 suku bangsa ini.  Dari percampuran ke 5 suku bangsa ini lah terbentuk suatu komunitas yang disebut sebagai suku Pesisir Natal. Pada awalnya mereka berbicara menggunakan bahasa Batak, tetapi setelah berabad-abad tercampur dengan budaya Minang dan Melayu, maka akhirnya bahasa merekapun berubah dan berganti menjadi bahasa Pesisir Natal, seperti yang mereka ucapkan sehari-hari saat ini.

Traditional Dance of Batak Pesisir Natal

B. History

Adat dan kebudayaan yang diamalkan oleh suku Batak Pesisir Natal ini, lebih banyak dipengaruh oleh budaya Melayu. Pada awalnya suku Batak Pesisir Natal ini lebih suka kalau disebut sebagai orang Melayu Pesisir saja, tetapi belakangan ini, tidak sedikit dari mereka yang tidak menolak disebut sebagai suku Batak Pesisir Natal. Bahkan belakangan ini sebagian dari masyarakat suku Pesisir Natal ini mulai mencantumkan kembali marga-marga lamanya seperti Pohan, Siregar, Sitompul, Tanjung, Pasaribu dan lain-lain.

Traditional House of Batak Pesisir Natal

C. Marga

Bahasa Pesisir adalah bahasa yang dipergunakan masyarakat Batak Pesisir Natal di Pantai Barat Mandailing Natal, yang menjadi bahasa percakapan dalam pergaulan sehari-hari. Bahasa Pesisir ini agak unik, karena bahasa Pesisir ini adalah hasil gabungan dari 3 bahasa, yaitu dari bahasa Batak Mandailing, Minangkabau dan Melayu. Jadi suku Pesisir Natal ini sebenarnya adalah orang Batak yang berbahasa Melayu. Hal ini mirip seperti masyarakat Batak di Rokan Hulu provinsi Riau atau masyarakat Rao di kabupaten Pasaman Sumatra Barat.

D. Language


Suku Batak Pesisir Natal ini memiliki beberapa kesenian budaya yang cukup populer di kalangan masyarakat di Sumatra Utara, yaitu Dampeng dan Tari Payung. Keberadaan suku Pesisir ini, mungkin belum banyak dikenal oleh masyarakat lain di pulau Jawa atau daerah-daerah lain di luar provinsi Sumatra Utara. Tetapi sebenarnya, suku Pesisir Natal ini telah eksis selama beratus-ratus tahun di wilayah Pantai Barat Mandailing Natal, dan berdiri sejajar dengan etnis-etnis lain seperti suku Toba, Mandailing, Angkola, Minangkabau dan Melayu.

E. Religion


Kehidupan masyarakat Pesisir Natal pada umumnya adalah sebagai nelayan. Tetapi tidak sedikit yang telah bekerja di sektor pemerintahan dan swasta. Selain itu pada sektor pendidikan juga banyak yang telah berhasil mencapai Universitas. Kehidupan lain yang dijalani oleh masyarakat suku Pesisir Natal ini, adalah sebagai guru, pedagang, wiraswasta dan lain-lain.

Bahasa Batak Pesisir (Pesisir)
, adalah bahasa yang dipergunakan masyakat Pesisir Natal di Pantai Barat Mandailing Natal, yang menjadi bahasa percakapan dalam pergaulan sehari-hari. Bahasa Pesisir ini agak unik, karena bahasa Pesisir ini adalah hasil asimilasi dari 3 bahasa, yaitu dari bahasa Batak Mandailing, Minangkabau dan Melayu.

Kabupaten Mandailing Natal

Kabupaten Mandailing Natal mayoritas dihuni oleh suku Batak Mandailing. Masyarakat Batak Pesisir Natal yang bermukim di Pantai Barat Kabupaten Mandailing Natal saat ini membentuk suatu kabupaten otnom yang terpisah yang bernama Kabupaten Pantai Barat Mandailing. Sehingga masyarakat Batak Pesisir Natal memiliki kabupaten sendiri dan pemerataan pembangunan pun diharapkan dapat dirasakan masyarakat. Ibukota kabupaten baru ini berada di kecamatan Natal.

Ethnic Distribution in Kabupaten Pantai Barat Mandailing

video
Batak Pesisir Natal Dance - Tari Payung


video
Batak Pesisir Natal Song - Duo Ranah

No comments:

Post a Comment