Featured Post

Thursday, 17 January 2013

Batak Humbang di Kab. Humbang Hasundutan

SUKU BATAK HUMBANG
DI KAB. HUMBANG HASUNDUTAN

Suku Batak Humbang, adalah salah satu suku Batak yang mendiami wilayah kabupaten Humbang Hasundutan dan sebagian kecil di kabupaten Tapanuli Utara yang berada di Siborongborong, Dolok Sanggul, Lintongnihuta dan sekitarnya. Populasi suku Batak Humbang diperkirakan sebesar 1.500.000 orang.


Traditional Clothes of Batak Humbang

Sejarah
Secara sejarah pada masa lalu, suku Batak Humbang memang berasal dari satu rumpun dengan suku Batak Toba, hanya saja karena telah terpisah sekian lama, maka suku Batak Humbang pun menjadi suatu komunitas suku tersendiri yang terpisah dari suku Batak Toba. Sihombing yang mempunyai 4 orang putera dan marga, yaitu: Silaban, Lumban Toruan, Nababan, dan Hutasoit. Marga-marga tersebut adalah marga pada suku bangsa Batak Humbang.


Traditional Dance of Batak Humbang

Agama
Suku Batak Humbang secara mayoritas memeluk agama Kristen, hanya sebagian kecil saja yang masih mempertahankan agama tradisional seperti Malim dan Pelbegu. Sedangkan beberapa yang memeluk agama Islam, diperkirakan karena terjadi perkawinan dengan suku-suku lain.


Traditional House of Batak Humbang

Mata Pencaharian
Masyarakat suku Batak Humbang sebagian besar hidup sebagai petani, seperti bertani di sawah dan ladang. Saat ini telah banyak kemajuan yang dicapai oleh suku Batak Humbang ini, karena banyak dari masyarakat suku Batak Humbang yang sukses di perantauan. Sedangkan yang menetap di wilayah Humbang, juga banyak yang bekerja di sektor pemerintahan maupun swasta.


video
Batak Humbang Song - Marombus ombus

video
Batak Humbang Song - Onan Ganjang

video
Batak Humbang Song - Muara Nauli

video
Batak Humbang Song - Humbang Hasundutan

video
Batak Humbang Dance - Tortor Siboru Muli

No comments:

Post a Comment