Featured Post

Thursday, 27 December 2012

Batak Gayo Serbejadi di Aceh Timur

SUKU GAYO SERBEJADI

DI KAB. ACEH TIMUR



Suku Gayo Serbejadi (Lokop, Lukup), adalah sub-suku Gayo yang berdiam di kabupaten Aceh Timur provinsi Aceh. Konon suku Gayo Serbejadi ini, adalah kelompok masyarakat yang berasal dari orang Gayo Lues, Deret dan Lut, yang bermigrasi ke wilayah ini. Hidup selama berabad-abad menyatu membentuk suatu komunitas yang sedikit berbeda dengan etnis Gayo lainnya, sehingga mereka disebut sebagai etnis Gayo Serbejadi atau Gayo Lukup. Mereka memiliki budaya yang sedikit berbeda dengan kelompok Gayo lainnya. Tetapi walaupun begitu mereka tetap mengakui diri mereka sebagai Urang Gayo, dengan embel-embel Serbejadi.

Traditional Clothes of Gayo Serbejadi

Orang Gayo Serbejadi ini memiliki bahasa yang agak berbeda dengan bahasa Gayo lainnya, tapi walaupun begitu, di antara mereka masih dapat berkomunikasi dengan baik dengan etnis Gayo lainnya. Mereka mengatakan suku Gayo cuma satu, hanya saja karena sejak dahulu mereka telah tersebar-sebar ke beberapa wilayah, sehingga sebutan untuk mereka juga jadi berbeda-beda.

Traditional Dance of Gayo Serbejadi

Masyarakat suku Gayo Serbejadi mayoritas adalah pemeluk agama Islam. Mereka adalah pemeluk Islam yang taat. Sehingga segala kebudayaan dan adat-istiadat yang mereka amalkan mengandung unsur Islami. Walaupun mereka taat dalam beragama, tetapi mereka menerima segala kalangan dari berbeda agama untuk hidup berdampingan di wilayah mereka. Wilayah pemukiman mereka saat ini banyak dimasuki pendatang dari berbagai wilayah di Sumatra, bahkan dari luar Sumatra.

Traditional House of Gayo Serbejadi

Kehidupan masyarakat suku Gayo Serbejadi ini pada umumnya hidup sebagai petani, perladangan, dan bercocok tanam sayur-sayuran, cabe merah, kakao, tembakau dan kopi arabica yang tersebar di berbagai wilayah pemukiman suku Gayo Serbejadi.


Kabupaten Aceh Timur

Wilayah pemukiman suku Gayo Lues di Aceh Timur meliputi 4 kecamatan, yaitu:
1. Kecamatan Serbejadi
2. Kecamatan Peunaron
3. Kecamatan Simpang Jernih
4. Kecamatan Banda Alam.

video
Gayo Serbejadi Song - Jarak Ni Kampung


No comments:

Post a Comment