Pemekaran Kabupaten Tapanuli TengahFeatured Post

Sunday 20 January 2013

Batak Samosir di Kab. Samosir

SUKU BATAK SAMOSIR
DI KAB. SAMOSIR

Suku Batak Samosir, adalah salah satu suku Batak yang terdapat di kabupaten Samosir dan sebagian kecil kabupaten Toba Samosir yang wilayahnya berada di pulau Samosir dan sekitarnya. Dahulu suku Batak Samosir ini dikelompokkan ke dalam kesatuan suku Batak Toba. Tetapi akhir-akhir beberapa berita mengatakan bahwa suku Batak Samosir ini merupakan suatu etnis yang berbeda dan terpisah dari suku Batak Toba. Sejak pembagian distrik HKBP wilayah suku Batak Samosir dinyatakan berbeda dengan wilayah suku Batak Toba, walau pada dasarnya mereka adalah satu suku bangsa.

Traditional Clothes of Batak Samosir

Cukup aneh kalau suku Batak Samosir dinyatakan berbeda dengan suku Batak Toba, sebabnya berdasarkan sejarah budaya, adat-istiadat dan bahasa, suku Batak di kabupaten Samosir adalah suatu rumpun yang sama dengan suku Batak di kabupaten Toba Samosir. Mungkin karena saat ini telah dipisahkan oleh nama wilayah yang berbeda dengan sebutan kabupaten yang berbeda, maka disebut berbeda, mungkin sebutan yang pantas adalah sebutan wilayah berbeda, tapi suku bangsa tetap satu sebagai suku Batak Toba. Lagipula secara adat-istiadat, budaya, tarian dan bahasa mereka juga hampir tidak bisa dibedakan. Hanya karena perbedaan wilayah saja yang membedakan kedua suku Batak ini, juga dengan Silindung dan Humbang.

Traditional Dance of Batak Samosir

Bahasa yang digunakan oleh orang Batak yang di Samosir tidaklah berbeda dengan bahasa Batak di kabupaten Toba, Humbang, Silindung-Tapanuli Utara, Batak Angkola dan juga dengan bahasa Batak Mandailing. Kemungkinan hanya terdapat perbedaan dialek dan intonasi yang sangat tipis.

Traditional House of Batak Samosir

Dalam kehidupan sehari-hari suku Batak di kabupaten Samosir hidup sebagai petani, terutama sayur-sayuran, dan juga sebagai nelayan di danau Toba, selain itu banyak yang telah sukses dalam perantauan menjadi pengusaha, pengacara atau menjadi pejabat penting di pemerintahan daerah maupun negara.


Batak Samosir Song - Pulo Samosir

No comments:

Post a Comment